Desa Digital | Information and Sharing Center | Tutorial | Tips dan Triks | Desa Informasi | Desanya Orang Yang Haus Informasi

Pages

Welcome To My Blog | DESA DIGITAL | Pusat Sharing Segala Informasi | Desanya Orang Yang Haus Akan Informasi | Happy Browsing | Copyright © 2013 | Desa Digital Blog | Powered by Blogger | Design by Josh Peterson | Simple Template | Modifier by Alind
Info Lowongan dan Bursa Kerja
Selengkapnya klik disini

Jangan Lewatkan Fenomena Langka Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Di Indonesia

Fenomena alam gerhana matahari, gerhana matahari cincin, gerhana matahari di indonesia, gerhana matahari di beberapa wilayah asia dan australia, filipina, singapura dan samudra pasifik

[Fenomena Langka Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Di Indonesia | Desa Digital] - Menurut sumber dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Pada tahun 2013 ini telah diprediksikan terjadi 5 (lima) kali gerhana, yaitu 2 (dua) kali Gerhana Matahari dan 3 (tiga) kali Gerhana Bulan.
Gerhana Matahari tersebut adalah berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang diprediksi akan terjadi pada 9-10 Mei 2013 dan pada tanggal 3 November 2013. Adapun Gerhana Bulan yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi pada tanggal 25 April 2013 kemaren, Gerhana Bulan Panumbra tanggal 25 Mei 2013 dan Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi pada tanggal 18-19 Oktober 2013.

Apa itu Gerhana Matahari?

Gerhana Matahari adalah adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Jenis-jenis Gerhana Matahari

Gerhana Matahari dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: gerhana Matahari total, gerhana Matahari sebagian, dan gerhana Matahari cincin.
  1.  Gerhana Matahari Total

    Sebuah gerhana Matahari dikatakan sebagai gerhana total apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
  2.  Gerhana Matahari Sebagian

    Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  3.  Gerhana Matahari Cincin

    Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Mitos-mitos Gerhana Matahari di beberapa negara

Di negara Cina sekitar 20 abad yang lalu masyarakatnya mempunyai keyakinan bahwa gerhana terjadi karena adanya seekor naga yang tidak terlihat oleh mata memakan matahari. Kemudian mereka membuat suatu keributan yang sangat besar dengan drum dan mengarahkan serta menembakkan panah-panah ke langit. Dengan itu sang naga akan ketakutan dan sinar matahari akan terlihat kembali. Pada suatu saat ada dua orang ahli perbintangan Cina yang bernama His dan Ho. Mereka tidak dapat memperkirakan datangnya gerhana. Kaisar yang berkuasa saat itu sangat marah karena ia tidak mempersiapkan apa-apa untuk mengusir sang naga. Meskipun akhirnya hari kembali terang, Kaisar tetap memrintahkan agar kedua astronom itu dibunuh karena dianggap telah gagal.

Di Asia Tengah, gerhana matahari yang terjadi tanggal 28 mei 585 M mengakhiri perang dua negara timur tengah. Selama pertempuran, hari-hari menjadi gelap seperti malam. Gerhana matahari menyebabkan kedua negara tersebut menyatakan perdamaian serta menghentikan pertempuran.

Di Jepang, masyarakat setempat mempercayai bahwa racun telah jatuh dari langit selama terjadi gerhana. Untuk mencegah racun itu jatuh ke dalam air mereka, mereka menutupi seluruh sumur dan mata air selama terjadinya gerhana.

Di India, masyarakatnya mempercayai bahwa Naga bertanggung jawab atas terjadinya gerhana. Selama gerhana, masyarakat di sana membenamkan diri mereka ke dalam air sampai leher mereka, dengan cara ibadah mereka tersebut, mereka mengharapkan matahari dan bulan dapat mempertahankan dirinya dari Naga.

Prediksi Wilayah yang akan dilalui Gerhana Matahari Cincin

Menurut BMKG Gerhana Matahari Cincin tersebut dapat diamati di Samudra Pasifik, Australia, Singapura, Indonesia (kecuali Sumatera bagian Utara) dan Filipina bagian Selatan. Di Australia dan Pasifik akan mengalami Gerhana Matahari Cincin.
Sementara di Indonesia (kecuali Sumatera bagian Utara) akan berupa Gerhana Matahari Sebagian (GMS) pada tanggal 10 Mei 2013 pagi hari.

prediksi wilayah yang akan dilalui gerhana matahari cincin, daerah yang dilewati gerhana matahari cincin, gerhana matahari, gerhana matahari di beberapa wilayah asia, singapura philiphina dan australia

Proses Global Fase-Fase Gerhana Matahari Cincin

Adapun Proses global fase-fase GMC adalah sebagai berikut:
Gerhana mulai : 21 25.1 UT
Gerhana Cincin mulai : 23 32.6 UT
Puncak Gerhana : 00 19.6 UT
Gerhana Cincin berakhir : 02 17.8 UT
Gerhana berakhir : 03 25.3 UT 

Adapun waktu untuk setiap fase di setiap lokasi bisa berbeda dengan waktu-waktu di atas, karena hal ini bergantung pada posisi lokasi pengamat di permukaan Bumi dan posisi Bulan dan Matahari relatif terhadap posisi pengamat tersebut. Untuk wilayah Indonesia, waktu kejadian gerhana tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah.
tabel Waktu terjadinya Geraha Matahari di Beberapa Kota Di Indonesia, Jadwal gerhana matahari cincin, wilayah yang dilalui gerhana matahari cincin, gerhana matahari cicin 9-10 mei 2013

Harap Diperhatikan Ketika Terjadi Gerhana Matahari

Ketika gerhana Matahari, orang dilarang melihat ke arah Matahari dengan mata telanjang karena hal ini dapat merusakkan mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.
Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari Matahari) walaupun hanya dalam beberapa detik dapat mengakibatkan kerusakan permanen retina mata karena radiasi tinggi yang tak terlihat yang dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yang ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana Matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata. Karena cepatnya peredaran Bumi mengitari matahari, gerhana matahari tak mungkin berlangsung lebih dari 7 menit dan 58 detik jadi jika ingin melihatnya lakukan sesegera mungkin.
Bagi umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunnahkan untuk melakukan salat gerhana. Adapun tata cara sholat gerhana tidak akan saya bahas disini. Bagi yang muslim sebagai referensi silakan baca-baca kesini dan ini.

Demikian informasi tentang fenomena alam yang jarang-jarang terjadi yaitu Fenomena Langka Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Di Indonesia  Bagi yang ingin menyaksikan harap perhatikan himbauan-himbauan di atas. Ok! akhir kata Selamat menyaksikan peristiwa langka tersebut dan semoga bermanfaat.

Sumber Informasi  
Sub Bidang Gravitasi dan Tanda Waktu BMKG 
Gedung Pusat Pelayanan Data dan Informasi Lantai 3 
Jl. Angkasa I No. 2 Kemayoran, Jakarta 10720 
Telepon : (021) 4246321 ext. 3309 Email : gtw@bmkg.go.id

Keyword: Gerhana, Gerhana Matahari, Gerhana Matahari Cincin, Gerhana Bulan, Fenomena Langka di Indonesia

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Judul : Jangan Lewatkan Fenomena Langka Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Di Indonesia
Ditulis Oleh : Admin ~ Desa Digital | Information and Sharing Center

Desa Digital | Information and Sharing Center | Tutorial | Tips dan Triks | Desa Informasi | Desanya Orang Yang Haus Informasi Semoga artikel Jangan Lewatkan Fenomena Langka Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Di Indonesia bermanfaat bagi Anda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link ke http://desa-digital.blogspot.com/2013/05/Fenomena-Langka-Gerhana-Matahari-Cincin-Akan-Terjadi-Di-Indonesia.html atau Anda bisa copy-paste kan code di bawah ini.
Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

4 comments :

Jadilah komentator yang cerdas dengan cara berkomentar yang santun dan bijak. Dilarang menghujat, kata-kata kotor, spam, porno, sara/rasis. Tiap komentar yang tidak berbobot cenderung spamming otomatis akan terhapus oleh sistem.
Untuk kritik dan saran, report spam or link broken. Please, Click Here

"Anda Sopan Kami Segan"
Terimakasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk berkomentar.

  1. makasih bgt buat tulisannya...
    seneng ma artikel menarik kyk gini..
    keep posting yak... :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous12:18

    Jadi lebih tau tentang gerhana
    Nice post gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda :)

      Delete

Tutorial Blogspot

Tips dan Triks Facebook

Copyright © 2013-2014 Desa Digital Blog | Powered by Blogger | Design by Josh Peterson | Simple Template | Modifier by Alind